cool hit counter Usaha Budidaya Kayu Sengon Untung Besar, Begini Caranya - AyoBelajarBareng

Usaha Budidaya Kayu Sengon Untung Besar, Begini Caranya

AyobelajarBareng – Pohon Albisia Chinensis  atau yang sering kita kenal dengan pohon sengon merupakan salah satu jenis dari pohon yang memiliki kualitas sangat baik. Kayu ini memiliki karakteristik halus, indah seratnya, sehingga pengrajin atau tukang pembuat jendela, pintu rumah lebih memilihnya.

Batang pohon kayu sengon juga dipergunakan sebagai sebagai keperluan bangunan, bahan untuk membuat furniture dan sebagai kerajinan asesoris dari kayu.

Memanfaatkan lahan atau kebun yang Anda miliki untuk di tanaman pohon sengon. Sebab budidaya Pohon Sengon Tidak kalah dengan budidaya pohon kayu jati yang harganya juga terbilang cukup tinggi dengan jangka waktu penanaman tidak membutuhkan waktu lama untuk dipanen.

Prospek Menjanjikan Bisnis Investasi Kayu Sengon   

Pohon sengon  sekarang lagi tren yang bisa dijadikan peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Bisnis sengon bagi pemula merupakan  peluang bisnis tanam pohon sengon kini  sangat terbuka lebar. Karena dari permintaan pasar terhadap kayu sengon mencapai lebih dari 500.000 m3/tahun.

Jumlah tersebut akan diperkirakan meningkat  dari tahun ke tahun. Dikarenakan tingginya permintaan bahan baku industri domestik seperti  industri kertas , kayu lapis, kotak peti  serta kayu pertukangan. Tidak hanya itu saja, saat ini perkembangan bisnis kayu sengon juga menembus di pasar mancanegara. Terbukti dari permintaan eksport ke mancanagera berupa olahan kayu sengon yang sudah  dipotong semakain meningkat.

Keunggulan Budidaya Kayu Sengon

Kayu sengon mempunyai golongan bagian tekstur dari kayu yang awet, ringan, dan lunak, sehingga banyak digunakan bahan dalam pembuatan perkakas keperluan rumah tangga. Kayu Sengon mempunyai karakter batang utama pohon yang lurus memanjang dengan batang bebas cabang diatas 20 meter.

Manfaat Bisnis Budidaya Kayu Sengon

Prospek dalam berbudidaya kayu sengon sangat menjanjikan untuk investasi Anda. Dikarenakan meningkatnya penjualan kayu sengon untuk kebutuhan hunian yang membutuhkan bahan dari kayu sengon.

Persiapan Lahan Untuk Menanam Sengon

Lahan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya suatu tanaman. Pohon sengon akan tumbuh dan berkambang secara optimal jika kandungan tanah sudah sesuai dengan kebutuhan pohon sengon. Berikut ini cara persiapan lahan untuk menanam pohon sengon :  

  1. Syarat lahan maksimal  800 m dpl dengan suhu 18-27⁰C. PH tanah 6-7 serta curah hujan 2.000 -4.000 mm/tahun dan kelembapan 50-75%. Jenis tanah yang baik untuk tumbuh kembang kayu sengon berjenis regusol, alluvial dan latosol. Bertekstur lempung berpasir dan lempung berdebu.
  2. Area lahan yang akan di tanami pohon Sengon harus bebas dari gulma dan semak belukar. Sebaiknya di bersihkan keseluruan dari mulai jalur tanam  dan daerah piringan  di saat mulai kemarau.
  3. Jarak ideal tanam pohon sengon adalah 3 X 3 meter atau 2 X3 Mater. Tandai titik tanam  yang akan dilubangi menggunakan ajir bamboo.
  4. Lakukan pengolahan lahan dengan cara mencangkul atau menggunakan traktor pertanian dengan kedalaman 20-25 cm. Hancurkan jika terdapat tanah yang  memadat supaya keseluruhan tanah menjadi gembur.
  5. Buat lubang tanam berukuran 40 X 40 X 40 cm. Baiknya lakukan pelubangan 2 minggu sebelum di tanam bibit pohon sengon supaya gas yang ada di dalam tanah akan keluar.
  6. Masukkan pupuk kandang  sebanyak 2 – 4 kg  per lubang tanam.
  7. Taburkan kapur dolomit 100 gr per lubang tanah. Manfaatnya adalah untuk menetralkan ke asaman tanah atau memiliki keterbatasan  unsur Ca dan Mg.

Cara Penanaman  Bibit Sengon

Harga bibit sengon terbaru tahun 2021 yakni Rp 7.000 – Rp10.000. Bibit yang telah dipersiapkan lakukan segera untuk di tanam. Berikut ini langkah-langkah  penanan bibit sengon :

  1. Lakukan penanaman sengon pada saat awal musim hujan tiba, serta waktu yang tepat untuk penanaman sengon pada pagi hari yaitu pukul 07.00 – 11.000 atau pada sore hari pukul 15.00 -17.00 supaya tidak stress atau layu.
  2. Siapkan bibit sengon sesuai luas lahan serta jarak tanam sengon yang digunakan. Lantas berapa 1 hektar berapa pohon sengon?   jarak tanam sengon antar bibit 3 X 3 meter, maka jumlah bibit yang dibutuhkan sebanyak 1.111 dengan luas lahan 1 hektar. serta bibit dengan tambahan 5% dari jumlah bibit sebagai bibit sulaman.
  3. Lakukan pemadatan pada media tanam yang ada di dalam polibag supaya semua media tanam yang ada di polibag menjadi kompak antara jenis media tanam satu dengan lainnya.
  4. Sobek sebelah sisi polibag secara perlahan, kemudian angkat bibit dr polibag pelan-pelan  supaya akar tidak ikut lepas, masukkan bibit sengon ke dalam lubang tanam.  Pastikan posisi bibit sengon berada di tengah lubang tanam dengan posisi tegak lurus.
  5. Tutup lubang tanam dengan media tanam yang sudah di campur dengan pupuk kompos. Padatkan tanah yang berada di sekitar pangkal batang bibit.
  6. Pasang penyangga (ajir dari bambu) supaya tetap tegak lurus jika terkena angin kencang dan juga sebagai penanda.

Cara Pemeliharaan Pohon Sengon

Setalah bibit sengon ditaman dilahan, maka bibit sengon tersebut perlu untuk di rawat dengan baik. Supaya batang pohon sengon akan tumbuh besar dan terhindar dari hama tanaman. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan tanaman pohon sengon :

Penyiraman Pohon Sengon

Bibit sengon yang masih muda membutuhkan air yang cukup banyak untuk kebutuhan perkembangan batang pohon. Penyiraman tersebut pada saat tanaman sengon yang masih muda, karena perakaran belum kuat dan panjang.

Lakukan penyiraman selama 1 tahun pertama, buat parit-parit diantara barisan tanaman guna mengalirkan air. Penyiraman dilakukan pada pagi atau sore hari supaya terhindar dari terik matahari. Penyiraman atau irigasi dilakukan ketika musim kemarau,dimana tanaman pohon ataupun tanah sebagai media tanam membutuhkan air.

Cara Pemupukan

Lakukan pemupukan setiap empat bulan sekali hingga satu tahun pada awal dan akhir musim penghujan. Pupuk yang baik untuk pohon sengon  yang digunakan mengandung unsur P dan K sebanyak 100-200 gram perlubang tanam.  

Usahakan cara Pupuk sengon agar cepat besar dilakukan pada pagi hari atau sore hari supaya uput tidak mengalami penguapan sinar matahari.

Baca Juga : Cara Buat Alat Komposter Dari Barang Bekas Murah dan Mudah

Cara Pemangkasan Cabang Air

Lakukan pemangkasan cabang yang tumbuh saling bersilangan sehingga akan menghambat sinar matahri masuk ke batang ataupun daun pohon sengon.

Cara penyiangan dan Pembumbunan

Lakukan penyiangan pada tanaman sengon sebanyak 4 -5 kali dalam setahun hingga satu tahun sebelum panen.

Teknis penyiangan ini dapat dilakukan secara manual ataupun kimiawi menggunakan herbisida. Salah satu herbisida yang digunakan yakni Tordon 101, Garlon 480 EC dan Indamin 720 HC.  

Penjaringan Tanaman

Lakukan penjaringan pohon sengon yang tumbuh kembangnya mengalami lambat, seperti kurangnya pengakaran, atau mengalami gejala terkena hama tanaman.

Pengendalian Hama

Lakukan pengendalian hama dan penyakit yang menyerang pada tanaman sengon diantaranya hama boktor, penyakit karat puru, dan penyakit akar merah. Pergunakan pestisida secara bijak dan memenuhi syarat standart pertanian yakni tepat jenis, tepat dosis, tepat cara, dan tepat waktu.

Panen Kayu Sengon

Baiknya Umur pohon sengon siap panen pada usia 7 – 8 tahun dari masa tanam. Dengan perawatan yang optimal pohon sengon bisa juga ditebang pada umur 5 tahun. Berikut penjelasannya :

  1. Lakukan Panen kayu sengon pada saat berumur 5—8 tahun. Usia pohon sengon  normalnya tumbuh berdiameter batang utama sudah mencapai 30 cm.
  2. Lakukan pemanenan kayu sengon dengan cara ditebang. Berikut ini  teknis penebangan pohon sengon yang baik supaya tidak rusak pada batang utama kayu sengon:
  • Kurangi terlebih dahulu cabang dan ranting pohon sengon.
  • Potong dengan alat gergaji di bagian sebelah sisi batang sejajar dengan arah rebah pohon (takik rebah). Ukur antara jarak alas dengan atap takik rebah maksimal 5 cm.
  • Lakukan pemotongan sisi lainnya dengan alat gergaji setinggi bagian paling atas takik rebah sebagai takik balas. Setelah itu, pohon akan jatuh ke arah takik rebah.

Harga dan usia kayu sengon 2021 serta  kayu sengon usia 5 tahun dengan diamenter batang 20-24 cm panjang mulai 103 cm kisaran harga jual  Rp 650.000 – Rp 800.000.

Kesimpulan

Kayu Sengon merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang mengalami lignifikasi atau pengkayuan. Kayu Sengon dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dan memiliki sifat, karakteristik yang baik yakni memiliki pori-pori besar dan ringan dan pertumbuhannya cukup cepat yang termasuk kayu muda masa panenannya relatif cepat.

Prospek budidaya sengon dalam kurun waktu 10 tahun terakhir akan semakin membaik. Tren positif penggunaan bahan dasar kayu sengon akan terus mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun yang akan datang. Permintaan pasar baik domestik ataupun luar negeri sebagai bahan dasar pembuatan kerajian ataupun  bahan bangunan akan mengalami kenaikan.

Apakah Anda minat akan usaha budidaya kayu sengon sebagai investasi jangka menengah? .  Segera lakukan dan manfaatkan lahan kosong Anda sebagai budidaya kayu sengon yang sangat menjanjikan.

Demikian ulasan kali ini tentang  cara tanam sengon cepat panen semoga bermanfaat, terima kasih.

Leave a Reply