cool hit counter Tips Dan Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami - AyoBelajarBareng

Tips Dan Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Ketombe (Pityriasis Capitis) ialah hasil pengelupasan dari sel kulit mati yang ada di kepala. Saat Pengelupasan tersebut adalah merupakan kejadian secara alami, dimana ketika itu terjadi karena ada pergantian antara sel kulit yang mati dengan yang baru yang berada  di kepala.

Yang menjadi masalah ialah apabila  pengelupasan tersebut terjadi dalam jumlah yang banyak dan disertai dengan iritasi pada kulit kepala.

Kulit kepala akan terasa gatal dan apabila  digaruk maka akan menimbulkan serpihan-serpihan berwarna putih yang dapat menyebar kemana-mana dan membuat rambut terlihat kotor.

 Faktor terjadinya penyebab munculnya ketombe yang sangat berlebihan ialah faktor dari  kebersihan kulit kepala yang tidak terjaga dengan baik.

Masalah Ketombe dapat membuat merusak dalam hal penampilan seseorang dan akan kehilangan rasa percaya diri bagi penderita yang di alami. Apabila  Kamu  memiliki ketombe yang berlebihan, sebaiknya segera diatasi agar tidak mengganggu aktifitas sehari-hari Kamu .

Cara yang umum dilakukan untuk menghilangkan ketombe ialah dengan menggunakan shampo anti ketombe. Tak hanya menggunakan shampo anti ketombe, Kamu  juga dapat melakukan dengan cara-cara alami untuk menghilangkan ketombe.

Berikut ini ialah bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang dapat Kamu  gunakan untuk di coba dan dipraktekkan.

Tips Dan Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami 

Menggunakan Jeruk Nipis

Pertama disiapkan terlebih dahulu 2 buah jeruk nipis, kemudian masing-masing dipotong  menjadi dua bagian. Kemudian gosokan potongan-potongan tersebut ke seluruh kulit kepala secara merata. Diamkan selama 20-30 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Tanaman Lidah Buaya

Pertama persiapkan tanaman lidah buaya satu batang atau secukupnya, lalu kupas kulitnya dan ambil bagian daging atau gel lidah buaya tersebut. Oleskan daging/gel ke seluruh kulit kepala hingga merata. Diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

Menggunakan Merang

Siapkan 1 genggam merang (tangkai bulir padi) dan 2 gram daun pegagan. Bakar merang tersebut, lalu dihaluskan kemudian campurkan ke dalam air dan biarkan selama satu malam. Haluskan daun pegagan dan campukan dengan air merang yang telah disiapkan. Gunakan campuran tersebut untuk keramas tanpa menggunakan shampo.

Menggunakan Daun Pandan

Siapkan 7 lembar daun pandan, lalu cuci daun pandan hingga bersih. Haluskan daun pandan tersebut, setelah itu tambahkan dengan 100 ml air matang hingga tercampur rata. Kemudian oleskan air pandan tersebut ke bagian seluruh kulit kepala secara merata sambil dipijit perlahan. Biarkan selama 30 menit, setelah itu bersihkan atau keramas dengan menggunakan shampo.

Menggunakan Daun Kangkung

Siapkan seikat daun kangkung, lalu rebus dengan menggunakan 2 gelas air. Biarkan sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, peras daun kangkung untuk mengeluarkan sarinya. Kemudian oleskan sari kangkung ke seluruh bagian kulit kepala hingga merata dan biarkan kira-kira selama 30 menit. Setelah itu apabila sudah agak kering lakukan bilas dengan air bersih.

Menggunakan Minyak Zaitun

Siapkan minyak zaitun secukupnya. Oleskan minyak zaitun tersebut ke seluruh kulit kepala secara merata sambil dipijit perlahan. Biarkan selama 30 menit, setelah itu keramas dengan menggunakan shampo yang biasa Kamu  gunakan.

Menggunakan Minyak Kelapa

Siapkan minyak kelapa secukupnya. Gunakan minyak kelapa tersebut untuk memijat kulit kepala Kamu . Setelah itu tutup kepala Kamu  dengan menggunakan handuk dan biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini sebelum Kamu  tidur.

Kesimpulan

Ada berbagai cara untuk menghilangkan ketombe salah satunya menggunakan dengan cara alami yang bisa dapat Kamu  lakukan. Jagalah selalu kebersihan kulit kepala Kamu  untuk mencegah munculnya ketombe yang sangat mengganngu kenyamanan Kamu . Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply