Program Penurunan Berat Badan Untuk Wanita Yang Berusia Di Atas 50 Tahun

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih program penurunan berat badan untuk wanita di atas 50 tahun. Karena di usia 50-an, wanita menjadi sangat rentan terhadap berbagai penyakit serius yang dapat mengancam kesehatan mereka seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit lainnya.

Penyakit ini dapat timbul karena berbagai hal, salah satunya adalah penambahan berat badan.

Hormon memiliki peran penting dalam penambahan berat badan. Tapi hormon itu bukan satu-satunya faktor penambah berat badan bagi wanita. Faktor lain adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Berdasarkan para ahli di Academy of Nutrition and Dietetics, sebagian besar wanita di usia ini memiliki gaya hidup yang tidak sehat karena mereka cenderung kurang aktif dan makan lebih banyak kalori daripada yang mereka butuhkan.

Pada intinya, gaya hidup yang tidak sehat bisa menjadi faktor utama yang menimbulkan masalah berat badan dan memberikan risiko lebih tinggi untuk mendapatkan penyakit yang lebih serius.

Oleh karena itu, banyak ahli merekomendasikan wanita berusia di atas 50 tahun untuk melakukan berbagai hal untuk menjaga berat badan mereka, menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Dan salah satu cara termudah untuk menurunkan berat badan bagi wanita di atas 50 tahun adalah dengan melakukan rencana diet dan program olahraga yang tepat.

Paket Program Diet Untuk Wanita Berusia Di Atas 50 Tahun

Anda dapat memilih program penurunan berat badan yang sesuai dengan Anda karena ada banyak studi yang dilakukan oleh banyak ahli untuk masalah ini. Salah satunya adalah dengan menjalankan rencana diet yang tepat.

1. Program Penurunan Berat Badan Protein

Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam The Journal of Gerontology. Ia menemukan bahwa wanita di atas 50 tahun kehilangan berat badan lebih banyak hanya dengan asupan protein yang lebih tinggi daripada mereka yang makan lebih banyak asupan karbohidrat meskipun jumlah kalori yang sama. Jadi, itu dikenal sebagai Program Penurunan Berat Badan Protein.
Beberapa contoh Program Penurunan Berat Protein yang terkenal adalah Weight Watchers, Diet Atkins, Diet South Beach.
Weight Watchers adalah sejenis program penurunan berat badan dengan 26 persen mendapat kalori dari protein. Sedangkan diet Atkins mendapatkan 29 persen kalori dari protein. Dan South Beach Diet adalah program penurunan berat badan dengan 30 persen kalori berasal dari protein.

2. Program Penurunan Berat Badan Buah dan Sayuran

Seperti kita ketahui, buah dan sayuran itu baik untuk kesehatan kita. Mereka mengandung vitamin dan mineral, dan tubuh kita sangat membutuhkannya. Selain itu, kita harus tahu bahwa buah dan sayuran segar dapat membuat kita kenyang, tetapi itu tidak memberikan efek samping seperti lemak tubuh yang berlebihan.
Lebih baik bagi Anda untuk melakukan program penurunan berat badan yang menekankan buah dan sayuran. Sebagaimana yang disebutkan pada sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, mereka menemukan bahwa wanita berusia di atas 50 tahun yang menjalankan rencana diet buah dan sayuran lebih sukses dalam menjaga berat badan mereka lebih baik daripada mereka yang tidak menjalankannya.
Karena itu, jelas bahwa buah-buahan dan sayuran dapat membantu Anda menjaga berat badan. Beberapa program penurunan berat badan terbaik yang dapat Anda pilih adalah diet DASH, Diet Mediterania, dan diet Mayo Clinic.
Kami sarankan Anda memilih dan menjalankan salah satunya jika Anda ingin mendapatkan kesehatan yang lebih baik.

Program Latihan Berolahraga Untuk Wanita Berusia Di Atas 50 Tahun

Dalam menurunkan berat badan, diet bukanlah satu-satunya cara. Cara lain untuk menyelesaikan rencana Anda dalam menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga. Dan melakukan olahraga yang tepat lebih penting bagi wanita di atas 50 tahun. Tentu saja, ini dimaksudkan untuk menurunkan risiko tersebut.
Banyak ahli menganjurkan wanita berusia di atas 50 tahun untuk melakukan olahraga teratur dalam 30 menit dengan intensitas sedang. Mereka menyarankan jalan cepat atau bersepeda untuk membantu membakar kalori ekstra.
Selain itu, dua sesi latihan beban per minggu sudah cukup untuk membantu Anda membangun dan mempertahankan otot Anda. Karena latihan ini memiliki keuntungan untuk pemeliharaan penurunan berat badan.
Berdasarkan Data dari National Weight Control Registry, sekitar 94 persen orang yang melakukan beberapa aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan dan menjaga berat badan mereka.
Sangat penting bagi wanita berusia di atas 50 tahun untuk berkonsultasi dengan dokter jika mereka memutuskan untuk melakukan beberapa latihan. Jika dokter mengatakan OK, maka Anda dapat meminta pelatih kebugaran Anda untuk mendapatkan ide untuk latihan yang tepat yang sesuai dengan Anda.
Namun, di sini kami memberi Anda beberapa ide olahraga yang dapat Anda terapkan pada program latihan Anda, terutama untuk wanita di atas 50 tahun.

1. Latihan Punggung dan Pinggang

Latihan punggung sangat penting bagi wanita berusia di atas 50 tahun. Latihan ini dapat membantu Anda memperkuat otot punggung yang memberikan dukungan pada seluruh tubuh. Dan ini adalah latihan kekuatan terbaik.
Selain itu, dapat membantu menghilangkan lemak di punggung Anda, tulang punggung Anda memperkuat saraf, dan saraf lainnya, dan mengencangkan otot punggung Anda.
Sementara, olahraga pinggang bisa mengencangkan pinggang, bagian bawah, pinggul, dan paha Anda. Selain itu, dapat meredakan sakit punggung dan perut.
Mengangkat bahu membungkuk pada baris, tekan lateral, ekstensi belakang, dan deadlift adalah beberapa latihan yang dapat Anda lakukan.

2. Latihan Perut

Tentu saja, olahraga perut dapat membantu Anda membuang lemak di perut Anda. Selain itu, dapat memperkuat otot perut. Anda bisa melakukan ‘olahraga lantai’ untuk meratakan perut Anda.
Crunches, sit-ups, leg lowering, reverse crunches, oblique crunches, rock ball, dan bicycle crunches adalah beberapa latihan yang aman.
Dan untuk melakukan crunch, wanita berusia di atas 50 tahun bisa melakukannya dengan menggunakan bola.
Apakah Anda tidak tahu bahwa latihan perut memiliki manfaat lain seperti meningkatkan proses pencernaan usus halus dan itu dikenal sebagai cara terbaik untuk mengatasi sembelit.

3. Latihan Dada

Secara umum, wanita menghindari olahraga dada karena mereka tidak ingin memiliki dada yang luas dan maskulinitas. Namun, latihan ini dapat membantu wanita untuk dipersenjatai secara alami dengan memperkuat otot dada.
Sebagai wanita tua, payudara mereka cenderung terlepas, terkulai dengan kulit kendur. Salah satu cara untuk menjaga garis payudara dengan aman adalah dengan memasukkan latihan dada ini ke dalam latihan harian Anda. Ini dapat mengencangkan dan memperkuat otot dada, tulang rusuk, dan tulang leher.
Latihan-latihan seperti push ups, incline chest fly, decline chest fly, incline press, dan peck deck adalah beberapa latihan dada untuk wanita di atas 50 tahun. Dan Anda harus melakukannya dengan menggunakan dumbel untuk hasil yang cepat dan permanen.

4. Latihan Lengan

Ada beberapa latihan lengan untuk wanita, termasuk untuk Anda pada usia lebih dari 50 tahun. Latihan trisep seperti ekstensi di atas kepala, triceps dip, dan kickback trisep akan membantu Anda menghindari lengan yang lembek. Selain itu, lemak bisa keluar di bagian lengan belakang.
Sementara, latihan seperti bicep curl, hammer curl, dan curl adalah latihan yang memperkuat otot bicep Anda.
Latihan lengan adalah latihan yang paling penting untuk wanita berusia di atas 50 tahun. Dan melakukannya dengan menggunakan halter bisa menghilangkan lemak dan meningkatkan kekuatan otot lengan Anda dengan cepat.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan latihan kardio dan aerobik yang akan menurunkan berat badan, meningkatkan proses metabolisme, dan membangun stamina.

Sebagai catatan, dalam kondisi kesehatan tertentu, semua latihan ini lebih baik dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter dan pelatih kebugaran Anda.

Pertama, mereka akan memeriksa berat badan Anda, tipe tubuh, gaya hidup, rekam medis, dan itulah sebabnya mereka akan menyarankan Anda latihan yang cocok untuk Anda.

Selain itu, Anda harus menjaga kesehatan dan diet seimbang agar tubuh Anda langsing.

Demikianlah ulasan mengenai dua hal itu yaitu rencana diet dan program olahraga, merupakan peran utama dalam keberhasilan Program Penurunan Berat Badan untuk Wanita berusia di atas 50 tahun. Semoga bermanfaat.