Ide Konten Tiktok Produk Fashion Untuk Pelaku Usaha dan UMKM

Pembuatan konten di tiktok sangat dibutuhkan persiapan, adanya perencanaan terlebih dahulu akan memudahkan proses pembuatan. Kemudahan seperti apa sih, ayo belajar bareng untuk ngebahasnya seperti memiliki catatan kecil atau membuat list data barang properti yang akan digunakan, dimana saja tempat atau lokasi pengambilan video, berapa banyak jumlah video yang akan diambil, dan masih banyak lagi. Hal-hal seperti ini hukumnya adalah wajib untuk dilakukan dalam membuat perencaan atau persiapan sebelum membuat konten.

Konten Tiktok untuk pelaku usaha dan UMKM dengan produk Fashion seperti Hijab, ciput, baju dan rok kalian bisa membuat konten yang super menarik dan orang menjadi suka, orang yang tertarik dengan video akan memutar berulang kali, salah satu tujuan dari pembuatan video yang menarik adalah penonton melihat berulang kali, membagikan video yang dibuat ke media sosialnya seperti update status whatsapp, pesan informasi tersampaikan dengan baik dan orang memiliki informasi terbaru, kemungkinan akan terjadi penjualan juga. Agar tujuan pembuatan konten tiktok produk Fashion Tiktok untuk pelaku usaha dan UMKM tercapai ada beberapa langkah yang harus dikerjakan seperti :

  1. Membuat Tema OOTD belanja 100 ribu bisa mendapatkan empat produk beli di toko. Tujuan pesan informasi dalam video adalah untuk memberitahukan bahwa ada lokasi toko murah yang menjual produk fashion hijab, ciput, baju dan rok harga promo.
  2. Lanjut membuat list atau daftar musik trending yang akan digunakan sound musik untuk videonya.
  3. Pilihlah durasi 20 detik sampai 60 detik untuk digunakan sesuai kebutuhan isi konten.
  4. Buat rencana spesifik dalam pembagian durasinya, dengan tema OOTD 100 ribu bisa mendapatkan empat produk saat beli di toko, nah misalnya memilih durasi waktu yang 60 detik kemudian dibagi 5 lokasi pengambilan video dan jumlah produk yang ingin di promosikan.
  5. Proses pengambilan video berdasarkan durasi waktu ya, pertama lokasi pengambilan di depan toko, memperlihatkan uang 100 ribu  sambil di pegang. Kedua pengambilan di depan rak ratusan produk jilbab untuk menampilkan warna-warni hijab, variasi produk hijab dan tulisan diskon hijab apabila ada. Ketiga ambil video di tumpukan ciput pilih yang harganya paling murah diantara seluruh produk untuk ditampilkan. Keempat ambil video di depan gantungan rok yang paling murah dan juga ambil video di depan gantungan baju paling murah. Kelima rencanakan untuk membuat Mix and Match atau mencocokan semua produk yang tadi sudah dipilih tentunya dengan harga yang paling murah, dan untuk pengambilan video Mix and Match semua produk yang dipakai di depan kaca ataupun di depan kamar ganti baju yang di sediakan dalam toko lanjut bergaya seperti princess.
  6. Proses pengeditan video pertama nih, yang kalian butuhkan aplikasi pengedit video seperti aplikasi seperti capcut, VN, inshot dan masih banyak lagi aplikasi yang sejenis lainnya. Aplikasi dalam pengeditan video bisa di download di apps store dan play store pastikan memori handphone kalian harus cukup. Nah masukan ke 5 video yang sudah dibuat saat pengambilan videonya ke aplikasi capcut. Pembagian per durasi 60 detik seperti 5 detik pertama video di depan toko memperlihatkan uang 100 ribu  sambil di pegang, di depan rak ratusan produk jilbab untuk menampilkan warna-warni hijab 15 detik, tumpukan ciput pilih yang harganya paling murah 15 detik, di depan gantungan rok dan gantungan baju yang paling murah 10 detik, dan terakhir Mix and Match semua produk yang dipakai bergaya seperti princess durasinya 15 detik jadi total pembagian waktu durasi dan jumah videonya yang diambil pas 60 detik. Kalian juga bisa mengoptimalkan fasilitas yang ada di aplikasi capcut, VN, inshot seperti efek, suara, stiker dan masih banyak lagi ya. Tujuannya untuk menampilkan video yang menarik dan ingat untuk proses menyimpan video yang sudah dibuat di aplikasi pembantu aplikasi capcut, VN, dan inshot pilih yang resolusi tinggi 1080 piksel agar kualitas tidak pecah.
  7. Proses pengeditan video kedua ya, hasil dari video yang pertama kita masukan ke aplikasi tiktok jangan lupa sebelumnya pilih lagu trending yang di inginkan, lanjut proses mengedit di aplikasi tiktok bisa menambahkan efek slowmotion, 5 lokasi pengambilan video kalian bisa berikan teks dengan caption atau deskripsi singkat. Tambahan bahasa keren yang ada di tiktok seperti CHECK di awal video missal seperti tulisan caption OOTD 100 ribu bisa beli empat produk CHECK !

Wah jadi pengolahan caption di awal video punya peranan penting banget agar penonton yang melihat menjadi kepo dan melihat sampai selesai konten yang dibuat. Setelah semua proses pengeditan video kedua sudah dikerjakan sesuai konsep awal perencanaan pembuatan konten lanjut untuk mengunggah videonya. Berikan hastag atau tanda pagar (#) trending, berikan keterangan kalimat yang menarik, pilih juga sampul video.

Alasan harus melakukan proses pengeditan video d aplikasi pendukung dan mengedit secara langsung di titok. Nah hal ini menjadi pilihan yang dipilih oleh konten kreator dan tim. Misal langsung membuat video dengan satu kali proses mengedit di aplikasi tiktok langsung untuk mempersingkat waktu itu juga solusi yang baik. Jumlah proses pengeditan dalam membuat konten semua baik dan harus disesuaikan dengan kebutuhan waktu, konsep, tujuan pesan informasinya, keuangan, tenaga dan ada banyak hal yang harus di pertimbangkan.

Kesimpulan ide konten tiktok produk fashion untuk pelaku usaha dan UMKM  di Chapter 1, memiliki konsep pesan informasi memberitahukan ke penonton pengguna akun tiktok dan media social lainnya seperti instagram, Whastapp dan lain sebagainya bahwa ada lokasi toko murah, produk yang dijual fashion hijab, ciput, baju dan rok dengan harga promo. Semoga usaha dan UMKM bisa mencontoh konsep seperti ini. Ikuti chapter selanjutnya ada konsep baru yang bisa di contoh untuk pelaku usaha dan UMKM.