cool hit counter Akun YouTube Gen Halilintar Kena Hack, Berikut Tips Atta Halilintar Cara Melindungi Akun YouTube Dari Hacker - AyoBelajarBareng

Akun YouTube Gen Halilintar Kena Hack, Berikut Tips Atta Halilintar Cara Melindungi Akun YouTube Dari Hacker

AyoBelajarBareng – Kabar yang tidak menyenangkan datang dari keluarga Gen Halilintar. YouTuber Atta Halilintar menginformasikan bahwa channel Yotube kelurganya, Gen Halilintar di hack.

Atta menyampikan melalui unggahan video singkat melalui akun instagram pribadinya, @attahalilintar Jumat, (16/04/2021)

Selain channel dari keluarga Gen Halilintar, channel milik adik kandung Atta juga terkena hack yakni milik thariq yang bernama channel YouTube nya Thariq Halilintar.

Atta juga mengunggah videonya melalui akun Youtube nya bahwa pelakunya adalah orang dari Rusia.

“Channel Youtube GEN HALILINTAR Hilang Di Hack Rusia ! termasuk channel milik adik saya! Ini sudah sering terjadi ke Youtuber Indonesia! Kata Atta yang ada di channel YouTubenya.

Atta menghimbau kepada seluruh YouTuber Indonesia untuk lebih waspada dalam menjaga akun channel pribadinya dengan sistem keamanan akun yang baik.

Atta menyampaikan juga supaya tidak percaya dengan share link yang mengatasnamakan pihak dari Youtube sehingga link itu di klik dan akun akan diambil alih.

“Untuk para Youtuber atau yang punya akun youtube waspada ya! Tingkatkan kemanannya! Jangan mudah percaya sama link-link yang mengatasnamakan resmi”, ungkapnya.

Pada akun instagram resminya Atta menunjukkan bukit-bukit   bahwa yang mertas channel Youtube milik keluarga dan adiknya juga terkait Etherium Live News.

Ciri-ciri Akun Youtube di Hack

Salah satu Ciri-ciri akun YouTube di hack adalah isi video konten yang ada didalam terhapus sebagian, tinggal isi video lama yang sudah terupload.

Pelaku juga sempat menyiarkan secara langsung dari YouTube yang telah diretasnya, seperti milik akun Thoriq yang telah di retas.

Kami akan mengulas lebih dalam ciri-ciri akun youtube yang terkena hack, diantaranya :

Sering Keluar Dari AKun Youtube

Apakah kamu pernah  merasakan seringnya  login Youtube yang hampir setiap hari?. Pada dasarnya saat kamu login ke akun Youtube ataupun Google Mail. Padahal kamu tidak pernah menekan fungsi logout atau menghapus cache. Bisa jadi akun kalian sudah dihack.

Terdapat Video Asing Yang Ada di Dalam Akun Youtube Milikmu

Kejadian ini seperti yang dialami oleh akun milik Thoriq yang di hack. Isi  konten youtube milik Tholriq sempat melalukan live streaming.

Atau pernahkah kamu melihat di dalam channel Youtube milikmu ada beberapa video yang tidak pernah kamu unggah sebelumnya?

Jika kamu lupa jadwal unggahnya, kamu bisa melihat histori video yang pernah kamu unggah di dalam fitur Youtube Creator. Jika pada histori tersebut terdapat tanggal upload dan kamu tidak merasa mengunggahnya, maka  perlu di waspadai bahwa akun Youtube kalian kena retas.

Jumlah Subscribe semakin Menurun

Dengan melihat patauan grafik pada Subscribe yang ada di menu Youtube creator, kalian bisa menganalisa grafik tersebut.

Cobalah kamu perhatikan apakah jumlah subscriber yang kamu punya semakin menurun dalam beberapa hari, atau beberapa minggu bahkan perbulan? Kalian bisa analisa kenapa subscribe youtube menurun.

Jika menurunnya hanya satu atau dua mungkin kamu tidak akan terlalu menghawatirkaa. karena dianggap biasa saja. Akan tetapi jika jumlah subscriber yang menurun mencapai puluhan, ratusan, atau bahkan  ribuan dalam kurun waktu tertentu, pastinya hal itu salah satu bagian dari ciri-ciri aku Youtube terkena retas.

Jumlah Adsens Tiba-Tiba Hilang

Adsens adalah bagian utama dari penghasilan seorang Youtuber. Jumlah penghasilan yang telah kamu kumpulkan selama ini tiba-tiba hilang tidak jelas. Penghasilan adsens kalian tidak akan bisa masuk ke tabungan kalian. Bahkan kejadian ini pun berbeda dengan ciri-ciri akun Youtube kena banned. Bisa dikatakan bagian ini salah satu hal yang paling parah ketika terkena hack.

Tidak Bisa Login AKun Youtube Kalian

Tanda-tanda lian akun youtube terkena hack adalah kaolian tidak bisa masuk ke akun youtube kalian. Bahkan ketika kamu sudah melakukan recovery akun pun, masih kesulitan untuk masuk ke akun. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan akun Youtube untuk selamanya.

Cara Mengembalikan AKun Youtube Yang di Hack

Salah satu cara mengembalikan akun YouTube yang di hack. Atta meminta para pengikut instagramnya untuk me-report kepada pihak YouTube.

“Teman-teman bantu report untuk biar Youtubenya tahu, sebanyak mungkin, untuk adik sayaThariq dan keluarga saya (Youtube) benar-benar hilang”, ungkap Atta dalam unggahan videonya.

Google menyarankan langkah-langkah cara mengembalikan akun yang telah di retas :

  1. Untuk memulihkan akun Google: pertama, ikuti langkah pemulihan yaitu Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi akun Anda. Jawab sebaik mungkin. Kedua, jika Anda mengalami masalah, cobalah kiat untuk menyelesaikan langkah pemulihan akun.
  2. Setel ulang kata sandi Anda saat diminta. Pilih kata sandi yang kuat yang belum Anda gunakan dengan akun ini.

Cara Melindungi AKun YouTube dari Hacker

Atta juga menyampikan Cara melindungi akun YouTube dari hacker agar tidak mudah di retas.  Pertama aktifkan auntenfikasi dua langkah kemudian hindari phising melalui kiriman email berupa link dan ketiga selalu update brouser dan sistem keamanan komputer.

Dengan kejadian Channel  YouTube Gen Halilintar di retas, Atta Halilintar ingatkan YouTuber Lain supaya lebih hati-hati dalam mengamankan akun Youtube.

Berikut ini penjelasan lebih detailnya mengenai cara melindungi aKun YouTube supaya tidak di retas :

Aktifkan Aunthentifikasi Dua Langkah

Menurut Tim YouTube hal utama yang harus dilakukan pemilik akun agar channel nya selalu terlindung adalah dengan mengaktifkan authentifikasi dua langkah.

Dengan mengaktifkan sistem keamanan berlapis ini, maka pemilik akun akan lebih terlindung. Karena, untuk mengakses akun Google/ YouTube dari perangkat berbeda baru.

Hanya diperlukan password, melainkan  juga aktivasi dari gadget/ device yang terhubung (melalui nomor telepon dan jenis device).  Jika pun peretas sudah memiliki password anda, mereka tetap akan kesulitan, karena masih perlu mengaktifkan melalui gawai yang terhubung tersebut.

Hindari Phising Melalui Email dan Semacamnya

Cara yang banyak dilakukan peretas untuk bisa mendapatkan akses ke akun YouTube adalah phising.

Nah karena biasanya yang diincar adalah YouTuber dengan subscriber yang sudah lumayan, maka teknik yang dipakai peretas, biasanya adalah dengan menawarkan endorsment, test produk, atau juga paid promote, dengan menyuruh kita untuk mengklik link tertentu. Sehingga mereka bisa mendapatkan akses ke password/ YouTube kita.

Hindari dan selidiki lebih dalam, jika kamu mendapatkan penawaran endorsment apapun itu. Pastikan bahwa mereka yang menawarkan adalah pihak yang benar – benar berkompeten, dengan cara langsung browsing di Google dan media sosial.

Pastikan, kamu tidak mudah melakukan klik link apapun yang ditawarkan mereka. Karena biasanya perusahaan berkompeten tidak akan mudah memberikan link untuk di klik, apalagi sampai minta password tertentu dari akun mu.

Selain itu phising juga kerap dilakukan dengan mengirim email, seolah-olah pihak peretas dari YouTube dan mengabarkan suatu hal kepada kamu. Serta meminta password mu. Sekali lagi, ini tidak benar, YouTube tidak akan pernah meminta password apapun kepada penggunanya.

Update Rutin Brouser Dan Sistem Keamanan Komputer

Cara ketiga yang disarankan dalam pusat bantuan YouTube untuk menghindari peretasan akun adalah dengan, kamu diharapkan selalu melakukan update untuk browser yang biasa digunakan mengakses YouTube, operating sistem di komputer/ laptop dan juga pada sistem keamanan yang ada (anti virus).

Karena dalam pembaharuan tersebut, biasanya juga akan memperbarui sistem dalam mengantisipasi serangan malware yang juga bisa jadi membahayakan sistem keamanan channel YouTube kamu.

Jadi , jika akun YouTube kalian diretas oleh hacker kunci utamanya adalah jangan panik, tetap tenang,segera lakukan langkah seperti diatas.

Dari pihak Pusat bantuan Youtube selalu siap membantu  dan akan berusaha mengembalikan hak akses akun kalian yang diretas. Dengan catatan kalian harus segara melapor kejadian  tersebut kepada pusat bantuan Youtube. Berikut ini Pusat Bantuan YouTube

Walaupun Sempat kena hack, akun YouTube Gen Halilintar sudah terselamatkan. Atta Halilintar dan Tim tidak panik dan tetap tenang tetapi bergerak cepat dalam menangani permasalahan akun Youtube keluarga  Gen Hailintar yang di hack.

Kesimpulan

Dengan kejadian yang dialami oleh keluarga Gen Halilintar Channel YouTube Gen Halilintar di Hack orang Rusia, semua video hilang. Kita bisa mendapatkan banyak pelajaran dan infromasi yang telah disampaikan oleh Atta Halilintar dalam menangani masalah akun Youtube terkena Hack.

Karena di Indonesia sudah banyak mengalami seperti itu dan kita setidaknya tahu langkah apa saja yang harus segera dilakukan ketika akun channel Youtube terkena hack.  Itulah tips cara mengamankan akun YouTube dari hacker dari Atta Halilintar. Terima kasih Atta atas informasinya. Dan Semoga akun keluarga Gen Halilintar senantiasa mendapatkan kesehatan dan keberkahan.

Leave a Reply